NAMA GURU :
BIDANG STUDI : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK : Identifikasi Dan Analisis
Masalah, dan Alternatif Pemecahan Masalah
1. Identifikasi
masalah apa saja yang anda temukan/hadapi selama mengajarkan bidang studi anda.
Anda terutama dapat mencermatinya pada komponen-komponen berikut ini :
a. Siswa ;
Permasalah apa saja yang anda amati terhadap
prestasi belajar atau penguasaan materi pelajaran, sikap dan minat atau tingkat
keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar ?
-
Siswa kurang minat belajar PAI
-
Siswa kurang dapat membaca huruf hijaiyah
-
Siswa kurang aktif dalam pelajaran PAI
-
Siswa kurang memahami PAI
-
Siswa kurang dapat memperhatikan pelajaran PAI
b. Pembelajaran/Tindakan
Permasalahan apa saja yang anda temukan/alami
dalam menyusun persiapan mengajar, menyiapkan bahan ajar, memilih dan menentukan
metode/strategi pmbelajaran, mengelola kelas, melaksanakan pembelajaran, dan
mengevaluasi pembelajaran ?
-
Kurangnya menejemen kelas sehingga siswa tidak bermotivasi belajar
dengan baik
-
Sulitnya membuat kesimpulan materi untuk pemantapan pemahaman
siswa
-
Kurangnya media sehingga kurang mendukung dalam proses pelajaran
PAI
-
Sulitnya menentukan evaluasi meteri untuk pemahaman dalam
pelajaran PAI
-
Strategi pembelajaran kurang di mengerti dengan bidang studi yang
di ajarkan
2. Dari
sejumlah permasalahan pembelajaran yang teridentifikasi, pilihlah satu
permasalahan konkret yang perlu segera mendapat penanganan. Analisislah
permasalahan tersebut, terutama dugaan anda terhadap kemungkinan yang
menyebabkan terjadi permasalaha tersebut.
v Masalah yang
dipilih adalah à kurang dapat membaca huruf hijayyah
Analisis penyebab :
-
Pelajaran agama di anggap susah
-
Kurangnya alat peragaan dalam pelajaran agama
-
Masih kurangnya anak-anak yang menghafal huruf hijayyah
-
Kurangnya minat anak-anak membaca Al Quran
-
Kurangnya TPA di tempat mengajar
3. Eksplorasi
Alternatif pemecahan masalah (Daftarkan minimal 3 kemungkinan alternatif yang
dapat digunakan untuk memecahkan problem yang diidentifikasi tersebut beserta
alasannya) ;
Alternatif 1, dan alasan :
-
Menentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai dalam belajar
Alasannya : Siswa akan terdorong lebih giat belajar agama apabila ia
mengetahui tujuan-tujuan belajarnya
Misalnya ; Tujuan akhir yang akan dicapai siswa belajar agama
Alternatif
2, dan alasan :
-
Menimbulkan minat agar siswa mampu belajar agama
Alasannya : Pelajaran PAI memiliki nilai yang nampak
Misalnya : Pelajaran
agama untuk melatih anak-anak mengaji, menghafal Al-Quran dan terjemahannya
Alternatif
3, dan alasan ;
-
Melengkapi sumber dan media belajar agama
Alasannya : Siswa degan
mudah memahami pelajaran agama serta tertarik untuk belajar lebih giat lagi
4. Pemilihan
alternatif (Lingkari alternatif yang dianggap paling tepat dan layak dilakukan
diatas)
5. Menentukan
problem yang akan dibenahi dan alternatfi pemecahannya.
Tuliskan permasalahan pembelajaran yang ingin
dipecahkan (diperbaiki atau ditingkatkan kwalitasnnya :
Problem
yang ingin dipecahkan
|
Alternatif dan Pemecahannya
|
- Kurangnya minat dan motivasi dalam belajar
agama pada kelas VII SMPN I
|
- Melengkapi sumber dan media pembelajaran
matematika
|
NAMA GURU :
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK : Perumusan Judul dan Latar
Belakang Masalah
1. Perumusan Judul Penelitian PTK
Berdasarkan permasalahan yang di identifikasi
dan altrnatif pemecahan yang dipilih, rumuskan judul PTK yang akan disulkan :
Penggunaan/Penerapan : Metode
belajar tuntas dalam belajar
Untuk meningkatkan minat dan
motivasi siswa dalam belajar agama
Pada kelas VII/A SMP 1
Atau
Meningkatkan Minat dan motivasi
siswa dalam belajar agama melalui penggunaan penerapan dengan metode bervariasi
2.
Latar belakang masalah
Tuliskan point-point penting yang menjadi
latar belakang dipilihnya judul pada butir 1 diatas, terutama dalam dua aspek utama,
yaitu landasan empirik dan landasan konseptal yang mendasari perlunya dilakukan
penalitian.
Landasan
Empirik (Deskripsi
mengenai kondisi nyata yang anda hadapi sebagai guru dalam pembelajaran, baik
dalam bentuk data hasil belajar, perilaku siswa, keluhan dan kerisuan guru,
ketidak efektifan pembelajaran)
Data hasil belajar/prilaku belajar siswa :
-
Siswa mampu menguasai hasil metode pelajaran agama islam
-
Kurangnya motivasi siswa dalam memahami pelajaran agama
-
Sulit menentukan metode belajar karena intelegensinya setiap siswa
berbeda
Deskripsi
kelemahan dalam pembelajaran
-
Kurang minat belajar agama
- Siswa tidak dapat menerima atau memahami hasil pelajaran dalam
menghafal Al-Quran
Landasan Konseputual (Kemukakan alasan memilih alternatif
pemecahan, sumber referensi, dukungan penelitian terdahulu, atau pertimbangan
nasional mengenai kecocokan alternatif untuk memecahkan masalah pada landasan
empirik)
Alternatif
yang dipilih dan alasan memilih alternatif tersebut serta sumber referensinya
(jika ada)
-
Buku paket agama serta LKS
- Karena siswa kelas VII/A SMP Neg. 1 dalam pelajaran
agama kurang memahami serta kurang minat dalam belajar
Bukti
penelitian, pengakuan ahli atau minimal penjelasan rasional mengenai
keefektifan alternatif tersebut untuk memecahkan problem yang anda hadapi
- Dalam siswa kelas VII/A SMP Neg. 1 di haruskan memilih
kompotensi untuk mampu dan dapat menghapal dengan baik dan bisa menulis
Al-Quran dan bisa diterima atau bisa dibaca dengan baik
NAMA GURU :
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK : Rumusan Masalah, Tujuan,
dan Manfaat Penelitian
1.
Rmusan
Masalah (tuliskan
rumusan masalah dalam bentuk pertanyaan yang menjadi fokus yang akan anda jawab
melalui pnelitian ini)
|
2.
Tujuan
Penelitan (tuliskan
tujuan yang ingin dicapai atau dihasilkan dari penelitian ini)
|
3.
Manfaat
Hasil Penerlitian (tuliskan manfaat yang diberikan oleh hasil penelitian ini kepada
pihak-pihak berikut :
Bagi Siswa
|
Untuk mengembangkan prestasi
belajar kelas VII SMP Neg. 1
|
Bagi Guru
|
Untuk mengevaluasi strategi
mengajarnya
|
Bagi sekolah
|
Untuk mengevaluasi tingkat
keberhasilan kurikulum
|
Bagi pengembangan Ilmu
|
Untuk dijadikan literatur untuk
penelitian selanjutnya
|
NAMA GURU :
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK : Penyusunan Instrumen PTK
(Perangkat Pembelajaran)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMP Neg. 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VII/I
Standar Kompetensi :
Memahami Huruf Hijayyah
Kompetensi Dasar :
Memahami
Indikator :
Siswa Dapat Membaca Huruf Hijayyah
Alokasi Waktu :
2 x 20 menit (1 Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat membaca dengan benar dan jelas
·
Siswa
dapat menulis dengan benar
|
B. Materi
Pembelajaran
·
Tatacara
menulis huruf hijayyah dengan benar, jelas dan dapat dibaca
|
C. Metode dan
Strategi Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Pemberian
tugas
|
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
a.
Kegiatan
awal
-
Mengucapkan
salam ketika membuka mata pelajaran
-
Menyampaikan
indikator atau tujuan pembelajaran
Pertemuan
2
b.
Kegiatan
inti
-
Pembagian
tugas
Pertemuan
3
c.
Kegiatan
akhir
-
Semua
siswa harus dapat menghafat surat penek
|
E. Sumber
Belajar
-
Buku
cetak PAI
-
LKS
PAI
|
F. Penilaian
A.
Prosedur
penilaian
-
Penilaian
Kognitf : Lisan dan tulisan dalam
bentuk uraian
-
Penilaian
Efektif : Bentk lembaran pengamatan sikap
siswa
|
A.
Butir-Butir
Soal
Indikator
|
Jumlah
|
Butir-Butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Siswa dapat menulis huruf
hijayyah dengan benar
|
1
|
Sebutkan salah satu huruf
hijayyah dengan benar
|
|
B.
Petunjuk
Penilaian
Soal
|
Bobot
|
Prosedur
Penilaian
|
Metode
Penilaian
|
Tekhnik Perbaikan
|
||
Nomor
|
Kognitif
|
Afektif
|
Tulisan
|
Lisan
|
||
1
|
|
ü
|
|
ü
|
ü
|
|
Lampiran
Lembar
Penilaian Kognitif
No
|
Nama
|
Jumlah Nilai
|
Nilai Akhir
|
1
|
|
|
|
Catatan = NA
= Jumlah
Skor maksimal
Lembar
Penilaian Efektif
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Penilaian
dengan angka
1.
Sangat
Kurang
2.
Kurang
3.
Cukup
4.
Baik
5.
Amat Baik
Pangkajene 30 Juni 2012
Dosen Pembimbing,
AHMAD HUSAIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar