Minggu, 04 November 2012

Contoh PTK


NAMA GURU        :
BIDANG STUDI    : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK           : Identifikasi Dan Analisis Masalah, dan Alternatif Pemecahan Masalah

1.     Identifikasi masalah apa saja yang anda temukan/hadapi selama mengajarkan bidang studi anda. Anda terutama dapat mencermatinya pada komponen-komponen berikut ini :
a.      Siswa ;
Permasalah apa saja yang anda amati terhadap prestasi belajar atau penguasaan materi pelajaran, sikap dan minat atau tingkat keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar ?
-        Siswa kurang minat belajar PAI
-        Siswa kurang dapat membaca huruf hijaiyah
-        Siswa kurang aktif dalam pelajaran PAI
-        Siswa kurang memahami PAI
-        Siswa kurang dapat memperhatikan pelajaran PAI
b.     Pembelajaran/Tindakan
Permasalahan apa saja yang anda temukan/alami dalam menyusun persiapan mengajar, menyiapkan bahan ajar, memilih dan menentukan metode/strategi pmbelajaran, mengelola kelas, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran ?
-        Kurangnya menejemen kelas sehingga siswa tidak bermotivasi belajar dengan baik
-        Sulitnya membuat kesimpulan materi untuk pemantapan pemahaman siswa
-        Kurangnya media sehingga kurang mendukung dalam proses pelajaran PAI
-        Sulitnya menentukan evaluasi meteri untuk pemahaman dalam pelajaran PAI
-        Strategi pembelajaran kurang di mengerti dengan bidang studi yang di ajarkan
2.     Dari sejumlah permasalahan pembelajaran yang teridentifikasi, pilihlah satu permasalahan konkret yang perlu segera mendapat penanganan. Analisislah permasalahan tersebut, terutama dugaan anda terhadap kemungkinan yang menyebabkan terjadi permasalaha tersebut.
v Masalah yang dipilih adalah à kurang dapat membaca huruf hijayyah
Analisis penyebab :
-        Pelajaran agama di anggap susah
-        Kurangnya alat peragaan dalam pelajaran agama
-        Masih kurangnya anak-anak yang menghafal huruf hijayyah
-        Kurangnya minat anak-anak membaca Al Quran
-        Kurangnya TPA di tempat mengajar
3.     Eksplorasi Alternatif pemecahan masalah (Daftarkan minimal 3 kemungkinan alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan problem yang diidentifikasi tersebut beserta alasannya) ;
Alternatif 1, dan alasan :
-        Menentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai dalam belajar
Alasannya : Siswa akan terdorong lebih giat belajar agama apabila ia mengetahui tujuan-tujuan belajarnya
Misalnya ; Tujuan akhir yang akan dicapai siswa belajar agama
Alternatif 2, dan alasan :
-        Menimbulkan minat agar siswa mampu belajar agama
Alasannya : Pelajaran PAI memiliki nilai yang nampak
Misalnya : Pelajaran agama untuk melatih anak-anak mengaji, menghafal Al-Quran dan terjemahannya
Alternatif 3, dan alasan ;
-        Melengkapi sumber dan media belajar agama
Alasannya : Siswa degan mudah memahami pelajaran agama serta tertarik untuk belajar lebih giat lagi
4.     Pemilihan alternatif (Lingkari alternatif yang dianggap paling tepat dan layak dilakukan diatas)
5.     Menentukan problem yang akan dibenahi dan alternatfi pemecahannya.
Tuliskan permasalahan pembelajaran yang ingin dipecahkan (diperbaiki atau ditingkatkan kwalitasnnya :
Problem yang ingin dipecahkan
Alternatif dan Pemecahannya
-    Kurangnya minat dan motivasi dalam belajar agama pada kelas VII SMPN  I 
- Melengkapi sumber dan media pembelajaran matematika


  

NAMA GURU             :
MATA PELAJARAN   : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK                : Perumusan Judul dan Latar Belakang Masalah

1.     Perumusan Judul Penelitian PTK
Berdasarkan permasalahan yang di identifikasi dan altrnatif pemecahan yang dipilih, rumuskan judul PTK yang akan disulkan :
Penggunaan/Penerapan : Metode belajar tuntas dalam belajar
Untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar agama
Pada kelas VII/A SMP 1 
Atau
Meningkatkan Minat dan motivasi siswa dalam belajar agama melalui penggunaan penerapan dengan metode bervariasi
2.     Latar belakang masalah
Tuliskan point-point penting yang menjadi latar belakang dipilihnya judul pada butir 1 diatas, terutama dalam dua aspek utama, yaitu landasan empirik dan landasan konseptal yang mendasari perlunya dilakukan penalitian.

Landasan Empirik (Deskripsi mengenai kondisi nyata yang anda hadapi sebagai guru dalam pembelajaran, baik dalam bentuk data hasil belajar, perilaku siswa, keluhan dan kerisuan guru, ketidak efektifan pembelajaran)

Data hasil belajar/prilaku belajar siswa :
-        Siswa mampu menguasai hasil metode pelajaran agama islam
-        Kurangnya motivasi siswa dalam memahami pelajaran agama
-        Sulit menentukan metode belajar karena intelegensinya setiap siswa berbeda

Deskripsi kelemahan dalam pembelajaran
-        Kurang minat belajar agama
-      Siswa tidak dapat menerima atau memahami hasil pelajaran dalam menghafal Al-Quran

Landasan Konseputual (Kemukakan alasan memilih alternatif pemecahan, sumber referensi, dukungan penelitian terdahulu, atau pertimbangan nasional mengenai kecocokan alternatif untuk memecahkan masalah pada landasan empirik)

Alternatif yang dipilih dan alasan memilih alternatif tersebut serta sumber referensinya (jika ada)
-        Buku paket agama serta LKS
-      Karena siswa kelas VII/A SMP Neg. 1  dalam pelajaran agama kurang memahami serta kurang minat dalam belajar

Bukti penelitian, pengakuan ahli atau minimal penjelasan rasional mengenai keefektifan alternatif tersebut untuk memecahkan problem yang anda hadapi
-     Dalam siswa kelas VII/A SMP Neg. 1 di haruskan memilih kompotensi untuk mampu dan dapat menghapal dengan baik dan bisa menulis Al-Quran dan bisa diterima atau bisa dibaca dengan baik


  
NAMA GURU                :
MATA PELAJARAN      : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK                   : Rumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian

1.     Rmusan Masalah (tuliskan rumusan masalah dalam bentuk pertanyaan yang menjadi fokus yang akan anda jawab melalui pnelitian ini)
                 -        Bagaimana mengatasi apabila siswa kurang perhatian dalam pelajaran agama
                 -        Apa setiap guru dapat memotivasi siswa dalam pelajaran agama
 





2.     Tujuan Penelitan (tuliskan tujuan yang ingin dicapai atau dihasilkan dari penelitian ini)
                 -         Untuk mengetahui bagai mana minat dan motivasi belajar pada siswa VII/A SMP             
                       Neg. 1 
                 -        Untuk mengetahi bagaimana strategi belajar PAI pada siswa kelas VII/A SMP Neg
                     1 
 
 






3.     Manfaat Hasil Penerlitian (tuliskan manfaat yang diberikan oleh hasil penelitian ini kepada pihak-pihak berikut :
Bagi Siswa
Untuk mengembangkan prestasi belajar kelas VII SMP Neg. 1
Bagi Guru
Untuk mengevaluasi strategi mengajarnya
Bagi sekolah
Untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan kurikulum
Bagi pengembangan Ilmu
Untuk dijadikan literatur untuk penelitian selanjutnya

  

NAMA GURU                :
MATA PELAJARAN      : Pendidikan Agama Islam
SUB TOPIK                   : Penyusunan Instrumen PTK (Perangkat Pembelajaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                         : SMP Neg. 1 
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester           : VII/I
Standar Kompetensi   : Memahami Huruf Hijayyah
Kompetensi Dasar      : Memahami
Indikator                      : Siswa Dapat Membaca Huruf Hijayyah
Alokasi Waktu             : 2 x 20 menit (1 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

·       Siswa dapat membaca dengan benar dan jelas
·       Siswa dapat menulis dengan benar

B.     Materi Pembelajaran

·       Tatacara menulis huruf hijayyah dengan benar, jelas dan dapat dibaca

C.     Metode dan Strategi Pembelajaran

·       Ceramah
·       Diskusi
·       Pemberian tugas

D.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
a.      Kegiatan awal
-        Mengucapkan salam ketika membuka mata pelajaran
-        Menyampaikan indikator atau tujuan pembelajaran
Pertemuan 2
b.     Kegiatan inti
-        Pembagian tugas
Pertemuan 3
c.      Kegiatan akhir
-        Semua siswa harus dapat menghafat surat penek

E.     Sumber Belajar

-        Buku cetak PAI
-        LKS PAI

F.     Penilaian
A.     Prosedur penilaian
-        Penilaian Kognitf  : Lisan dan tulisan dalam bentuk uraian
-        Penilaian Efektif    : Bentk lembaran pengamatan sikap siswa

A.    Butir-Butir Soal
Indikator
Jumlah
Butir-Butir Soal
Kunci Jawaban
Siswa dapat menulis huruf hijayyah dengan benar
1
Sebutkan salah satu huruf hijayyah dengan benar


B.    Petunjuk Penilaian
Soal
Bobot
Prosedur Penilaian
Metode Penilaian
Tekhnik Perbaikan
Nomor
Kognitif
Afektif
Tulisan
Lisan
1

ü   

ü   
ü   


Lampiran
Lembar Penilaian Kognitif
No
Nama
Jumlah Nilai
Nilai Akhir
1








Catatan =      NA = Jumlah
                                       Skor maksimal

Lembar Penilaian Efektif
No
Nama
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai
A
B
C
D












Catatan :
Penilaian dengan angka
1.     Sangat Kurang
2.     Kurang
3.     Cukup
4.     Baik
5.     Amat Baik
Pangkajene 30 Juni 2012

Dosen Pembimbing,



AHMAD HUSAIN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar